Manfaat Tahu goreng yang mungkin belum anda ketahui

Tahu (toofu) Makanan yang berbahan dasar kedelai. yang merupakan salah satu makanan paling sering di konsumsi masyarakat indonesia. Ternyata tahu memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut Uraian kandungan gizi yang terdapat pada tahu :


  •  Energi 32 Kkal
  •  Protein nabati 1,4 gr
  •  Kalsium 21,1 mg
  •  Zat besi 0,13 mg
  •  Karbohidrat 0,3 gr
  •  Lemak tak jenuh 2.8 gr
  •  vitamin B kompleks, 
  •  Vitamin E
  •  Serat pangan
  •  Keratin


Untuk menggoreng tahu dibutuhkan minyak yang baik agar dapat menunjang gizi yang terdapat dalam tahu.
Beberapa jenis minyak yang baik untuk menggoreng tahu :


  1.  Minyak kelapa sawit
  2.  Minyak zaitun
  3.  Minyak jagung


Minyak yang di gunakan adalah minyak yang memiliki kandungan rendah kalori. ketiga jenis minyak tersebut tidak menambah kolesterol dalam darah, dan tidak menyebabkan penyumbatan dalam aliran darah.
Karna memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan.

Lebih baiknya hanya menggunakan minyak tersebut untuk sekali pakai. dan jangan menggoreng tahu menggunakan minyak bekas yang sudah disimpan berhari - hari karna dalam minyak bekas tersebut terdapat kolesterol jahat, lemak trans, dan telah terkontaminasi oleh radikal bebas.

Berikut beberapa manfaat tahu yang mungkin belum anda ketahui :


1. Mengurangi kolesterol dalam darah


Kandungan asam linoleat dalam tahu yang bertindak sebagai sumber lesitin dapat melindungi kekebalan tubuh kita dari serangan radikal bebas.


2. Memiliki sifat anti kanker endometrium


Sari kedelai yang terdapat dalam tahu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker endomertium pada wanita lansia setelah menopause, sehingga meskipun saat menopause wanita tersebut akan tetap terlihat sehat.


3. Mencegah asam urat


Protein dalam tahu dapat mengurangi kadar zat purin dalam tubuh, sehingga dapat mencegah asam urat dan mempertahan kan jaringan agar tetap seimbang.


4. Mencegah anemia


Kadar zat besi yang cukup tinggi pada tahu mampu mempertahankan dan memperbanyak sel -sel darah merah. Contoh yang dapat menyebabkan anemia : kelelahan, kurang tidur, kurang asupan gizi, stress karna pekerjaan.


5. Jantung lebih sehat


Tahu yang berbahan dasar kedelai memang sangat berperan penting dalam menghancurkan kolesterol, dan lemak jenuh dalam aliran darah, sehingga aliran darah menjadi lancar dan tubuh terhindar dari penyakit jantung.


6. Melancarkan aliran oksigen dalam tubuh


Protein yang tinggi dan adanya vitamin B kompleks dalam tahu dapat merawat hemoglobin. mampu membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.


7. Menjadi awet muda


Tahu memiliki zat isoflavon yang berfungsi sebagai pengangkal radikal bebas. pada kulit tubuh sehingga dapat menghambat penuaan dan terlihat awet muda


8. Mencegah kanker payudara


Nutrisi yang berlimpah pada tahu juga dapat memperbanyak produksi hormon estrogen pada wanita. hormon estrogen itulah yang dapat menangkal tumbuhnya sel kanker pada payudara.


9. Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)


Kedelai ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. kalsium yang berfungsi untuk memperkuat tulang, memperbaiki massa tulang, dan memadatkan tulang. maka baiknya tahu dikonsumsi sejak dini agar dapat mencegah osteoporosis.


10. Dapat mengendalikan berat badan


Meskipun tahu dikenal kaya nutrisi, tahu juga memiliki kalori yang relatif rendah sehingga tahu merupakan pilihan yang cocok untuk program diet.


11. Menyembuhkan sembelit


Bagi anda yang memiliki bayi balita yang susah buang air besar, memberikan tahu merupakan opsi yang baik, karna tahu yang kaya akan serat mampu memperlancar proses pencernaan dan mengatasi masalah sembelit.


12. Menyehatkan janin


Untuk para ibu hamil tahu juga berperan penting untuk merawat janin yang terdapat dalam ka

ndungan. zat asam folat dalam tahu mampu meningkatkan kerja jantung pada janin sehingga dapat melancarkan perkembangan tubuh janin.


13. Menjaga kesehatan kulit


Kandungan asam linoeat dalam kedelai yang mampu mencegah kulit kering dan kusam karna seringnya terpapar sinar matahari. mampu menjaga kandungan air dalam kulit dan membuat kulit tetap lembab dan sehat.


14. Mencegah pedarahan pada sendi


Asam linoeat pada tahu juga dapat mencegah pendarahan pada sendi yang mengakibatkan rematik.


15. Menyehatkan otak


Asam linoeat ternyata memiliki banyak manfaat selain menjaga kulit dan mencegah pendarahan pada sendi asam linoeat dan kandungan omega 3 pada tahu dapat saling bekerja sama untuk memperbaiki jaringan otak yang kurang sehat akibat benturan atau karna kurangnya asupan gizi.

Meskipun tahu makanan yang relatif mudah di dapat, namun manfaat dan khasiatnya luar biasa.

Demikian Beberapa manfaat pada tahu yang mungkin belum anda ketahui.

x

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top