Untuk kamu yang pelupa, Lakukan 10 hal ini terbukti ampuh meningkatkan daya ingat


Banyak aktivitas yang dapat membantuk untuk meningkatkan daya ingat. Seperti rajin membaca, mau mencoba tantangan baru, dan selalu mengulang aktivitas yang di tekuni memang terbukti dapat mengasah kepekaan ingatan kita

namun ternyata 10 hal ini mampu meningkatkan kualitas ingatan kamu.

1. Tidur teratur pada jam yang sama


Banyak penelitian yang mengatakan bahwa tidur sangat penting untuk konsolidasi memori. yang bekerja dengan meningkatkan aktivitas memori saat kita tidur. 

tidur yang cukup dan dalam jam yang sama mampu menghasilkan spektrum penuh siklus noktirnal yang penting agar mengoptimalkan otak dan tubuh ketika bangun.

2. Mengepalkan tangan 

Trik ini sangat efektif untuk menghafalkan nama orang. cara ini di kemukakan oleh RUTH PROPPER dalam risetnya di montclair State University, New Jersey
Caranya   :


" Kepalkan tangan kanan anda bila anda ingin mengingat sesuatu, Dan kepalkan tangan kiri anda bila anda ingin membuka ingatan tersebut. Jika anda kidal maka berlaku sebaliknya."

Ketika mengepalkan tangan maka saraf akan terhubung pada sisi otak yang menangani sistem ingatan. 

Otak kanan berfungsi sebagai pengontrol ingatan dan akan bekerja sebaliknya bila anda kidal.

3. Cium aroma mawar tiap pagi

Banyak peneliti yakin bahwa bau adalah sarana yang paling efektif untuk membuka ingatan. terutama untuk mengingat kenangan yang sangat dalam. 

karna aroma/bau di tangkap oleh hidung dan langsung di salurkan ke pusat memori pada otak. 


" Gunakan wewangian seperti mawar, melati, lavender ketika belajar , atau gunakan wewangian yang khas bagi anda."

4. Minum kopi

Tidak hanya sebagai gaya hidup, kopi ternyata memiliki fungsi untuk meningkatkan daya ingat. Kandungan kafein pada kopi mampu meningkatkan retensi ingatan.

" Minum secangkir kopi di pagi hari tanpa tambahan gula atau bahan lain untuk meningkatkan kualitas ingatan."

5. Sarapan menggunakan olahan telur

"Menurut Larry McClearry M.D Telur merupakan menu sarapan yang sangat ideal. karna telur mengandung vitamin B yang berfungsi membakar glukosa dalam darah, dan mengandung antioksidan yang mampu melindungi kerusakan neuron, serta memiliki kandungan lemak yang kaya dengan omega-3 yang berfungsi untuk menjaga sel saraf tetap stabil. "

6. Melihat gambar yang menggemaskan

gambar di atas tak cuma menggemaskan tapi dapat mengasah konsentrasi kita. penelitian di Universitas Hiroshima, Jepang melakukan cara tersebut ternyata mendapatkan hasil yang sangat signifikan. Ingatan para partisipan meningkat rata-rata hingga 40%.

7. Menggoyangkan mata

menggoyangkan mata ternyata dapat meningkatkan daya ingat.
caranya 

Cukup dengan goyangkan mata secara horizontal dari satu sisi ke sisi yang lain, selama kug lebih 30 detik.

cara ini di lakukan dikarenakan sisi kanan dan kiri otak mempunyai fungsi yang berbeda. dengan menggoyangkan mata, anda dapat mengoptimalkan fungsi sisiotak tersebut.

8. Mengunyah permen karet


Makan permen karet memang terlihat sepele, namun banyak penelitian yang telah di lakukan ternyata dengan makan/mengunyah permen karet mampu meningkatakn kualitas daya ingat. 

penelitian ini dilakukan dengan partisipan dua orang, 1 memakan permen karet dan tidak memakan apapun. 

ternyata pada partisipan yang memakan permen karet memiliki kualitas ingatan jangka pendek dan jangka panjang lebih baik daripada yang tidak memakan apapun.

Hal itu dikarenakan saat anda mengunyah terdapat rangsangan yang berlebih di bagian hippocampus pada otak.

9. Permainan teka teki

Bermain game yang memiliki unsur teka teki terbukti ampuh untuk meningkatkan kualitas ingatan dan mengasah keterampilan anda. 

10. Tersenyum

Tersenyum atau tertawa dapat menurunkan kadar kortisol. yakni zat yang dapat merusak bagian hippocampus pada otak.

 bagian hippocampus berfungsi sebagai pengingat jangka pendek. maka dampak yang dapat di timbulkan bila anda sering tertawa ialah mampu meningkatkan ingatan jangka panjang.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba beberapa hal di atas???


CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top